Pengaruh Desain Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Old Java di Kabupaten Brebes

Sri Rahayu

Abstract


ABSTRACT
 
The Effect of Product Design and Product Quality on Old Java Stores in Brebes
Regency. The objectives to be achieved in this study are:
1. To determine the partial effect of product design and product quality on
purchasing decisions at Old Java Stores in Brebes Regency.
2. To determine the simultaneous influence of product design and product quality
on purchasing decisions at Old Java Stores in Brebes Regency.
3. To determine the effect of which variable is more dominant in influencing
purchasing decisions at Old Java Stores in Brebes Regency. The research method
used in this research is quantitative method. Data collection techniques using
questionnaires, interviews and literature studies. While the data analysis method
used is the classical assumption test, multiple regression analysis method, partial
test and simultaneous test. From the results of the analysis it can be concluded:
1. Product design affects purchasing decisions at Old Java stores in Brebes
Regency. This is evidenced by the tcount of 4.787 with a significant value of 0.000.
The value of the t table for a significant level of 5% is 1.661, so tcount> t table and
a significant value of 0.00 < 0.05. Dan Variabel Kualitas Produk juga berpengaruh
terhadap Keputusan Pembelian pada toko Old Java di Kabupaten Brebes
Dibuktikan dengan hasil thitung sebesar 4,787 dengan nilai signifikan sebesar
0,000. Besar nilai ttabel untuk taraf signifikan 5% yaitu 1,661, jadi thitung > t
table and a significant value of 0.000 < 0.05. Sehingga hipotesis pertama yang
menyatakan Diduga Desain Produk dan Kualitas Produk berpengaruh secara
parsial terhadap Keputusan Pembelian pada toko Old Java di Kabupaten Brebes
adalah diterima.  
2. Desain Produk dan Kualitas Produk berpengaruh secara simultan terhadap
Keputusan Pembelian Pada toko Old Java di Kabupaten Brebes. Hal ini buktikan
dengan hasil Fhitung sebesar 122,945 > Ftable 3.340 with a significant level
obtained 0.000 <0.05. So that the second hypothesis which states that it is
suspected that Product Design and Product Quality have a simultaneous effect on
Purchasing Decisions at Old Java stores in Brebes Regency is accepted.
3. Product quality has a dominant influence on purchasing decisions at Old Java
stores in Brebes Regency. This is evidenced in the multiple linear regression
calculation obtained the equation Y = 8.401 + 0.349X1 + 0.434X2 + e, namely the
constant value of 8.401, the value of the Product Design variable (X1) 0.349 and
the Product Quality variable (X2) 0.434 so it can be concluded that the Product
Quality variable 0.434 is greater than the Product Design variable of 0.349 so that
Product Quality has a dominant effect on Purchasing Decisions at Old Java stores
in Brebes Regency so that the third hypothesis which states that it is suspected that
Product Design has a dominant effect on Purchasing Decisions at Old Java stores
in Brebes Regency is rejected.

Keywords: Product Design, Product Quality, Purchasing Decisions

 
ABSTRAK

Pengaruh Desain Produk dan Kualitas Produk pada Toko Old Java Di Kabupaten
Brebes.
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu :
1. Untuk mengetahui pengaruh secara parsial dari desain produk dan
kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Toko Old Java di Kabupaten Brebes.
2. Untuk mengetahui pengaruh secara simultan dari desain produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Toko Old Java di Kabupaten Brebes.
3. Untuk mengetahui pengaruh variabel manakah yang lebih dominan
mempengaruhi keputusan pembelian pada Toko Old Java di Kabupaten
Brebes. Metode penelitian yang digunakan pada peelitian ini adalah metode
kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, wawancara dan
studi pustaka. Sedangkan metode analisi data yang digunakan adalah uji asumsi
klasik, metode analisis regresi berganda, uji parsial dan uji simultan.
Dari hasil analisis dapat disimpulkan :
1. Desain Produk berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada toko Old
Java di Kabupaten Brebes. Hal ini dibuktikan dengan hasil thitung sebesar 4,787 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Besar nilai ttabel untuk taraf signifikan 5% yaitu 1,661, jadi thitung > ttabel dan nilai signifikan 0.00 < 0.05. Dan Variabel Kualitas Produk juga berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian pada toko Old Java di Kabupaten Brebes Dibuktikan dengan hasil thitung sebesar 4,787 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Besar nilai  t tabel untuk taraf signifikan 5% yaitu 1,661, jadi t hitung > t tabel dan nilai signifikan 0.000 < 0.05. Sehingga hipotesis pertama yang menyatakan Diduga Desain Produk dan Kualitas Produk berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian pada toko Old Java di Kabupaten Brebes
adalah diterima.  
2. Desain Produk dan Kualitas Produk berpengaruh secara simultan terhadap
Keputusan Pembelian Pada toko Old Java di Kabupaten Brebes. Hal ini buktikan dengan hasil Fhitung sebesar 122,945 > Ftabel 3,340 dengan tingkat signifikan yang diperoleh 0,000 < 0,05. Sehingga hipotesis kedua yang menyatakan Diduga Desain Produk dan Kualitas Produk berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian Pada toko Old Java di Kabupaten Brebes adalah diterima.
3. Kualitas Produk memiliki pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian Pada toko Old Java di Kabupaten Brebes. Hal ini dibuktikan pada perhitungan regresi linier berganda didapatkan persamaan Y = 8,401 +  0,349X1 +  0,434X2 +  e, yaitu nilai constant 8,401 nilai variabel Desain Produk (X1) 0,349 dan variabel Kualitas Produk (X2) 0,434 jadi dapat disimpulkan variabel Kualitas Produk 0,434 lebih besar dari variabel Desain Produk sebesar 0,349 sehingga Kualitas Produk berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian Pada toko Old Java di Kabupaten Brebes
sehingga hipotesis ketiga yang menyatakan Diduga Desain Produk berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian Pada toko Old Java di Kabupaten Brebes adalah ditolak.

Kata Kunci : Desain Produk, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.62038/jsm.v9i1.89

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :